Kamis, 05 Mei 2011

AFRODIT

0 komentar
 
Afrodit (bahasa Yunani: Ἀφροδίτη) adalah dewi cinta, kecantikan, dan seksualitas dalam mitologi Yunani.[1][2] Ada dua legenda berbeda mengenai kelahiran Afrodit. Versi pertama menyebutkan Afrodit adalah putri dari Zeus dan Dione, tapi legenda ini kurang populer. Versi kedua menyebutkan bahwa Afrodit lahir dari alat kelamin Uranus yang dikebiri oleh Kronos sang Titan.
Zeus menikahkan Afrodit dengan Hefaistos. Mereka memiliki seorang putra, Eros, yang menjadi Dewa Asmara. Afrodit dikisahkan berselingkuh dengan Ares, dewa perang, hingga memiliki 2 putra yaitu Deimos dan Fobos, dan seorang putri yaitu Harmonia. Eros dan Anteros juga sering disebut-sebut sebagai putra dari Afrodit dan Ares. Afrodit juga memiliki banyak kekasih, salah satunya adalah Ankhises.
Afrodit juga dikneal sebagai Kithireia (Wanita dari Kythira) dan Kipris (Wanita dari Siprus) karena kedua tempat tersebut dianggap sebagai tempat kelahiran Afrodit. Dalam mitologi Romawi, dia dikenal sebagai Venus dan dalam mitologi Mesir dia dikenal sebagai dewi Hathor.[3] Murad, burung dara, burung gereja, dan angsa dikeramatkan untuknya.

Leave a Reply